Oleh: stpetrus | 2 April 2009

Hallo adik-adik sekolah minggu

Hai adik-adik sekolah minggu st.petrus yang cakep-cakep….

Selamat pagi adik- adik…dihari yang cerah ini, semoga rahmat kesehatan selalu diberikan kepada kita, agar apa yang akan kita lakukan nanti bisa terlaksana dengan baik.
Pada kesempatan ini Pak Cantrik akan mengajak ke Benua Eropa, nah, nama negaranya adalah Vatikan. Mungkin adik- adik jarang/ belum pernah mendengarnya, tapi bagi adik- adik yang sudah cukup besar dan di kelas 5 atau 6 kota ini tidak asing lagi, karena sudah dipelajari dalam sejarah.

Vatikan adalah negara terkecil di dunia, dari segi luas wilayah dan jumlah penduduk dan juga merupakan tempat tinggal Paus dan wilayah Takhta Suci otoritas pusat Gereja Katolik. Diperkirakan bahwa daerah di kota Roma yang sebelumnya tidak dihuni ini, selalu dianggap keramat, bahkan sebelum kedatangan agama Kristen pada tahun 326. Gereja pertama dibangun di atas tempat yang diperkirakan sebagai makam Santo Petrus, dan sejak saat itu, tempat ini semakin banyak dihuni.

Kota Vatikan terletak di atas bukit Vatikan di sebelah barat laut kota Roma, beberapa ratus meter dari sungai Tiber. Perbatasannya dengan Italia sepanjang (3,2 km) mengikuti tembok kota yang dahulu dibangun untuk melindungi Paus dari serangan. Total wilayah adalah 0,44 km². Selain kota Vatikan, wilayah Paus juga meliputi beberapa gereja penting, kantor-kantor dan Kastil Gandolpho. Paus adalah Kepala Negara sedangkan seorang gubernur mengurusi keperluan sehari-hari.

Sebagai negara berdaulat, Vatikan juga mempunyai hak untuk mengirim dan menerima diplomat. Para diplomat ini membutuhkan Kedutaan Besar yang harus berkedudukan di kota Roma karena tidak ada tempat di Vatikan. Dengan demikian ada sebuah situasi paradoksal di mana Italia mempunyai perwakilan di wilayahnya sendiri. Indonesia juga memiliki perwakilan di Takhta Suci. Jadi karena kecilnya luas Vatikan, untuk perwakilan para Diplomat saja, harus ditempatkan di daerah tetangga (Italia). Kebayangkan adik- adik berapa luas wilayahnya?


Hampir semua dari jumlah penduduk 890 warga Vatikan tinggal di dalam tembok kota Vatikan. Mereka termasuk rohaniawan/rohaniawati dan Tentara Swiss, sebuah tentara sukarela. 100% warga Vatikan beragama Katholik. Bahasa Resmi adalah Bahasa Latin, tetapi Bahasa Italia lebih sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kota Vatikan merupakan warisan budaya yang sangat penting. Beberapa gedung seperti Basilika Santo Petrus, Kapel Sistina dan Museum Vatikan merupakan gedung-gedung yang sangat indah.

nah, itulah adik- adik… semoga Vatikan menjadi salah satu tujuan perjalanan kita, baik untuk melakukan wisata religius maupun tujuan menikmati sisa- sisa peninggalan zaman dahulu…sampai bertemu kembali, di seri penjelajahan dunia lainnya, da…..da

Hai…hai….ini bukan di Gerbang CitraRaya lho ya….walaupun mirip dan ada patung kudanya…….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: